Epoxy Lantai | Cat Lantai | Cat Epoxy Lantai | Kontraktor Epoxy Lantai | Jasa Epoxy Lantai | Aplikator Epoxy Lantai

Cara mengecat lantai dengan cat epoxy lantai Cara mengecat lantai -Di dalam proses pengecatan lantai berbahan beton menggunakan bahan ...

cara mengecat lantai dengan cat epoxy lantai


Cara mengecat lantai dengan cat epoxy lantai

Cara mengecat lantai -Di dalam proses pengecatan lantai berbahan beton menggunakan bahan cat epoxy lantai. Di artikel ini
akan diuraikan beberapa tahapan dan cara mengecat lantai berbahan betonan dengan menggunakan bahan cat epoxy lantai. Akan tetapi, sebelum kita melakukan proses pengecatan lantai beton menggunakan bahan cat epoxy lantai, pertama terlebih dahulu harus mengukur seberapa luas lantai yang akan dicat menggunakan bahan cat epoxy lantai. Selain itu, kita juga harus terlebih dahulu menentukan pilihan warna cat epoxy lantai serta bahan-bahan lainnya yang akan dipergunakan.
Berikut ini adalah beberapa tahapan-tahapan yang harus dilalui apabila ingin melakukan proses pengecatan lantai menggunakan bahan cat epoxy lantai , diantaranya sebagai berikut:



- Tahap pertama, yaitu tahap Pengosongan Luas Lantai Yang Akan Dicat Menggunakan
 cat lantai.Langkah atau tahapan pertama ini diperlukan dengan tujuan supaya pada saat melakukan proses pengecatan lantai menggunakan cat epoxy lantai tidak terganggu dengan adanya barang-barang yang menghalangi proses pengecetan lantai nantinya. Tujuan daripada proses pengosongan luas lantai yang akan dicat epoxy lantai  ini supaya mempermudah serta dapat mempercepat proses pengerjaan cat epoxy  lantai pada lantai.

- Tahap kedua, yaitu disebut tahap Proses Buffing
Tahap kedua atau biasa disebut dengan proses buffing adalah suatu tahapan dari proses pengecatan lantai epoxy yang memiliki tujuan untuk membuka atau memperlebar pori-pori pada permukaan lantai yang akan dicat oleh bahan cat epoxy lantai. Oleh karena itu, di dalam tahap kedua ini atau proses buffing ini sangat penting sekali karena akan membersihkan lantai juga terhadap partikel kotoran, seperti debu atau sisa-sisa kotoran lainnya. Tujuan dari tahap kedua atau proses buffing ini juga bertujuan supaya bahan cat epoxy lantai bisa menempel dengan sempurna pada permukaan lantainya yang dicat.

- Tahap ketiga, yaitu Proses Primer  Cat Epoxy Lantai
Pada tahap ketiga atau disebut dengan proses Primer Cat Epoxy Lantai. Proses primer cat  epoxy lantai adalah proses pengecatan lantai menggunakan bahan cat epoxy lantai yang warna cat nya sudah ditentukan dari tahap pertama di dalam langkah-langkah pengecatan lantai menggunakan bahan cat epoxy lantai . Pada tahap ketiga ini bisa juga disebut dengan proses coating. Di dalam istilahnya coating berarti melapisi substrat menggunakan bahan cat epoxy lantai. Pada tahapan ketiga ini kita biasanya menggunakan alat-alat, seperti raskam atau bisa juga menggunakan peralatan lain yang bernama roll. Kedua alat-alat ini, yaitu: raskam dan roll digunakan dengan tujuan supaya lapisan cat dapat tersebar merata ke seluruh permukaan lantai yang dicat. Selain itu, alat raskam dan roll ini juga bisa menjangkau luas area permukaan lantai yang lebih lebar, sehingga bisa menghemat dan mempercepat waktu pengerjaan di dalam proses pengecatan lantai . Setelah selesai melakukan tahap ketiga atau proses primer cat  epoxy lantai ini, maka tunggulah beberapa jam sampai lapisan cat epoxy lantai pada permukaan lantai benar-benar telah mengering dengan sempurna, maka barulah menuju tahapan atau langkah selanjutnya di dalam proses pengecatan lantai denga  cat epoxy lantai ini.

- Tahap keempat, yaitu proses pemberian Plamir Cat  Epoxy Lantai
Pada tahapan keempat ini atau biasa disebut dengan langkah proses pemberian lapisan plamir epoxy pada permukaan lantai yang sudah mengalami proses pemberian lapisan cat dengan warna cat epoxy lantai  sesuai dengan permintaan. Tujuan daripada proses pemberian lapisan plamir cat epoxy lantai ini, yaitu untuk melindungi permukaan lantai yang telah selesai mengalami proses pengecetan lantai menggunakan bahan cat epoxy lantai. Di dalam proses pengerjaan pelapisan permukaan lantai menggunakan bahan plamir cat epoxy lantai ini, kita bisa menggunakan alat-alat, seperti: raskam ataupun alat yang disebut kape scrap. Alat raskam dan kape scrap ini biasa digunakan untuk mempermudah serta meratakan bahan plamir cat epoxy lantai  pada permukaan lantainya. Setelah selesai tahap keempat ini atau biasa disebut dengan proses pelapisan plamir cat epoxy lantai  pada permukaan lantai, maka permukaan lantai dibiarkan kering selama beberapa jam sampai lantai siap dilakukan proses selanjutnya.

- Tahap kelima, yaitu proses Sortir pemberian Plamir Cat  Epoxy Lantai
Di dalam tahap kelima ini atau biasa disebut dengan proses sortir pemberian plamir pada permukaan lantai, yaitu kita melakukan proses pengecekan plamir pada permukaan lantai yang kurang merata pada permukaan lantai. Tujuan tahap kelima ini atau proses sortir plamir supaya pemberian bahan plamir pada permukaan lantai benar-benar telah merata dengan sempurna pada seluruh permukaan lantai yang telah dicat dengan lapisan cat epoxy lantai. Akibat dari pemberian lapisan plamir yang kurang merata dengan sempurna pada permukaan lantai bisa mengakibatkan warna cat epoxy lantai akan terlihat tidak merata atau tingkat ketebalan seperti ada warna permukaan lantai yang gelap dan terang atau bisa dikatakan terlihat permukaan lapisan cat epoxy lantai yang belang-belang.



- Tahap keenam, yaitu Proses Pengecatan Bahan Epoxy Tingkat Dasar Pada Permukaan Lantai
Setelah mengalami beberapa tahapan serta proses panjang seperti di atas, maka pada tahap keenam ini akan dilakukan proses yang biasa disebut dengan penerapan bahan cat epoxy lantai  yang tentu saja sudah memiliki warna. Pada tahapan keenam ini merupakan warna dasar dari permukaan lantai. Proses pengecatan atau pemberian lapisan cat dasar ini biasa juga disebut dengan proses Base Coat. aplikasi Setelah selesai melakukan tahap keenam ini, maka tunggulah beberapa jam sampai lapisan permukaan lantai yang dicat dasar ini telah benar-benar mengering dengan sempurna.

- Tahap ketujuh, yaitu proses pengampelasan permukaan lantai
Pada tahap ketujuh ini, kita melakukan pengamplasan pada seluruh permukaan lantai yang telah dicat dengan sempurna menggunakan bahan dasar cat epoxy lantai.

- Tahap kedelapan, yaitu Proses Terakhir dari Pengecatan Permukaan Lantai Tahap ketujuh, yaitu Proses paling terakhir dari pengecatan lantai epoxy. Pada proses finishing ini hampir mirip pada proses pengecatan permukaan lantai. Akan tetapi, pada tahap kedelapan ini, kita hanya mengulangi sedikit proses pengecatan ulang permukaan lantai dengan menggunakan cat dasar. Tujuan daripada tahap kedelapan ini, yaitu untuk mendapatkan suatu ketebalan lapisan cat pada permukaan lantai dengan ukuran tertentu.

Itulah sedikit tulisan atau artikel tentang beberapa tahapan atau langkah-langkah di dalam proses pengecatan permukaan lantai menggunakan bahan cat serta plamir cat epoxy lantai  yang secara khusus diperuntukan untuk permukaan lantai.

Baca juga : cat lantai

0 comment: